Sunday, 24 September 2017

4 Hal tentang The Prague Astronomical Clock: Peninggalan dan Peradaban.

Tags



Astronomial Clocks di Kota Praha, Ceko termasuk dalam salah satu list  “must-see” saat kita berkunjung di kota ini. Di sudut "The Old Town Square" ada sebuah jam yang sudah dibangun sejak berabad-abad lalu. Suasana dikawasan ini sangat kentara akan sejarah dan peninggalan masa lalu yang menjadi bagian penting dari peradaban manusia. Astronomial Clocks sudah berusia lebih dari 600 tahun, dan masih beroperasi. Keren! Berikut ini adalah  4 hal yang yang patut untuk kita ketahui tentang jam bersejarah ini.
1.   The Orloj
Astronomial Clock juga sering disenut sebagai “Orloj” atau The Ornate Clock. Jam ini merupakan salah satu dari “Prague's most recognised touristic spectacles
2.    The Prague Astronomical Clock, Saksi Peradaban.
Astronomial Clocks dibuat oleh Master Hanus pada tahun 1410, dan hingga saat ini, peninggalan bersejaran ini sudah berusia lebih dari 600 tahun. Astronomial Clock menjadi saksi bisu peradaban manusia, dan merupakan Jam Astronomial tertua ketiga didunia.

3.   The deepest civic anxieties of 15th-century Praguers
Jika diperhatikan dengan seksama maka akan ada 4 (empat) gambar di samping jam, yaitu: Vanity (membawa cermin), Greed (membawa tas uang; Kreditur YahudiI), Death (the skeleton) and Pagan Invasion (digambarkan dengan sebuah “Turk”). Keempat gambar ini adalah Chronicler, Angel, Astronomer dan Philosopher.
Ada 3 (tiga) buah lingkaran jam yang menunjukkan waktu yang berbeda. Lingkaran terluar dengan menggunakan Schwabacher numerals adalah the Old Czech Time (“Italian Time”). Lingkaran dengan Roman numbers adalah  the Central European Time dan lingkarang yang paling tengah adalah Babylonian Time dengan menggunakan Roman Numerals

4.    Menunjukkan lama waktu yang berbeda berdasarkan musim
Astronomal Clocks di Praha akan menunjukkan panjang waktu yang berbedasetiap jamnya  berdasarkan musimnya, akan lebih lama saat musim panas dan lebih cepat saat musim dingin.  The Prague Astronomical Clock  adalah jam satu-satunya di dunia yang bisa mengukur itu. Cool!
Peradaban, sejarah dan peninggalan masa lalu selalu menjadi hal menarik untuk diketahui. Betul, kan?tentunya.



Wageningen, 24 September 2017


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon